PAGE RANK

Apa sebenarnya Page Rank itu?

PageRank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford. (source: http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank)

Dalam pengertian saya sebagai seorang blogger, PageRank adalah Metode penilaian dari Google.com untuk mengukur KEKUATAN suatu DOMAIN yang terdaftar pada Search Engine Google. Dengan metode ini maka Google bisa mengatur Ranking secara akurat.

Cara kerja PageRank

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil. (source: http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank)

Dari pengalaman saya sebagai Seorang Blogger, ada beberapa Faktor yang paling berpengaruh terhadap PageRank :

1. Backlink
Adalah suatu link dari situs lain yang menuju ke situs Anda. Kuantitas dan Kualitas Backlink sangat besar pengaruhnya terhadap PageRank. Dari segi Kuantitas, semakin banyak backlink, maka akan semakin cepat PageRank terangkat. Sedangkan dari segi Kualitas, satu (1) backlink dari situs dengan PR tinggi, lebih baik daripada sepuluh (10) backlink dari situs dengan PR rendah.

Backlink bisa didapat dengan cara melakukan pertukaran link, terutama pada para blogger, sangat dianjurkan untuk melakukan pertukaran link. Selain itu anda juga bisa mendapatkan backlink dengan cara memberikan komentar disertai alamat situs anda pada situs-situs atau forum, dalam dunia blogger terkenal dengan istilah BlogWalking.

Cara mengecek backlink, pada mesin pencari google.com ketikkan : link:www.situs.anda. Nanti akan ditampilkan berapa backlink yang anda miliki.

2. Outbound Link
Adalah link KELUAR yang Anda berikan ke situs lain. Usahakan untuk tidak terlalu banyak memberikan outbound link, karena hal ini bisa menurunkan PageRank anda.

3. InBound Link atau Internal Link
Adalah link ke DALAM situs anda sendiri. Artinya: dalam setiap posting, diakhir artikel anda, berikan link ke dalam situs anda sendiri, misalnya SEONYA BLOGER
Hal ini sangat penting untuk mengurangi atau menahan Outbound Link yang kadang secara tidak sengaja kita tambahkan ke dalam situs kita.

Bagaimana cara mengecek PageRank?

Anda bisa membuka www.prchecker.info atau klik di SINI dan silahkan anda menuliskan alamat situs anda di sana, nanti akan ditampilkan berapa nilai PageRank situs Anda. Jika anda ingin memiliki script untuk mengecek PageRank dan ditempatkan di situs anda silahkan klik di SINI.
Ranking: 5

Judul: PAGE RANK
Rating: 100% out of 100% based on 100000 ratings. 100000 user reviews.
Ditulis Oleh Seo Blogger
Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...

Artikel Terkait :



Cara Pasang Kotak Komentar Facebook di Blogspot


 
© SEO BLOGSPOT All Rights Reserved -SEO BLOGGER